99 MAKANAN PENYEBAB ASAM LAMBUNG NAIK

99 MAKANAN PENYEBAB ASAM LAMBUNG NAIK - Hallo sahabat KESEHATAN KITA, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 99 MAKANAN PENYEBAB ASAM LAMBUNG NAIK, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel KESEHATAN TUBUH, Artikel TIPS, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 99 MAKANAN PENYEBAB ASAM LAMBUNG NAIK
link : 99 MAKANAN PENYEBAB ASAM LAMBUNG NAIK

Baca juga


99 MAKANAN PENYEBAB ASAM LAMBUNG NAIK

Hampir semua orang pernah mengalamai yang namanya asam lambung naik, setidaknya sekali dalam seumur hidup mereka. Makanan merupakan salah satu penyebab terbanyak meningkatnya asam lambung. Maka, seseorang yang memiliki riwayat asam lambung sebaiknya memperhatikan pola makanan sehari-hari mereka agar asam lambung tidak naik. Kadar asam lambung yang tinggi dapat menyebabkan gejala seperti heartburn, muntah, mual, diare hingga sesak napas. Agar asam lambung tidak naik, sebaiknya anda menghindari makanan berikut ini :
asam lambung


1. Soda

Selain membuat perut kembung, soda dan minuman berkarbonasi dapat memicu peningkatan asam lambung anda. Gelembung soda dari minuman berkarbonasi dapat menyebar ke seluruh perut dan hal ini memicu peningkatan asam lambung tersebut. Bahkan soda yang juga mengandung kafein dapat membuat kondisi asam di lambung semakin buruk. Anda harus menghindarinya jika tidak ingin mengalami mual, panas lambung, dan mulas.

2. Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng diketahui juga dapat memicu refluks asam lambung. Makanan ini dikaitkan dengan panas lambung. Gejala yang mungkin dialami penderita adalah nyeri dada. Selain itu, makanan yang digoreng juga dikenal sebagai pemicu kolesterol.

3. Alkohol

Sama seperti minuman bersoda, bir, anggur, dan minuman keras lainnya dapat berkontribusi menyebabkan peningkatan refluks asam lambung. Alkohol dipercaya dapat merelaksasi katup di bawah esofagus (menyatu dengan lambung) yang dapat menyebabkan asam lambung. Namun, ada beberapa minuman yang beralkohol yang tidak terlalu memiliki kandungan asam tinggi. Alternatif yang bisa dijalani adalah Anda bisa mengonsumsi segelas cocktail atau anggur, tetapi hindari jus jeruk atau soda dalam satu hari tersebut.

4. Susu berlemak tinggi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, semua makanan yang berlemak tinggi dapat menyebabkan refluks asam lambung. Baik susu, mentega, atau keju memiliki kandungan lemak yang kurang lebih sama tinggi. Jadi, jika Anda penggemar keju dan mentega, serta memiliki masalah penyakit asam lambung, sebaiknya Anda harus mengorbankannya. Tapi tenang dulu, Anda juga memiliki alternatif menggunakan bahan tersebut sebagai perasa untuk makanan saja, bukan sebagai bahan utama. Tentu saja versi yang rendah lemak akan lebih baik.

5. Daging tinggi lemak

Anda juga perlu menghindari memakan daging-daging tinggi lemak secara berlebihan. Daging apa saja? Daging sapi, babi dan domba perlu dihindari, sebab daging akan lama berada di dalam lambung, sehingga dapat meningkatkan refluks. Namun, Anda tetap membutuhkan daging, karena nutrisinya untuk tubuh. Alternatif yang bisa Anda lakukan adalah membuang lemak dari daging, dan makanlah daging hanya seminggu sekali.

6. Kafein

Anda sudah membacanya di atas bahwa kafein dapat meningkatkan refluks asam lambung. Jadi Anda harus hindari meminum kopi berkali-kali dalam sehari, satu cangkir kopi mungkin masih dapat ditolerir. Bagi Anda yang tadinya tidak memiliki asam lambung pun, ketika mengonsumsinya berkali-kali, Anda bisa berisiko mengalami peningkatan refluks. Kafein tidak hanya ditemukan pada kopi, tetapi juga pada teh. Namun, Anda bisa mengonsumsi teh herbal seperti chamomile sebab teh herbal biasanya tidak mengandung kafein.

7. Merica

Banyak orang yang menggantikan cabai dengan merica. Merica ternyata bisa menyebabkan perut Anda menjadi lebih perih. Merica memiliki rasa yang sebenarnya lebih tajam dan pedas daripada cabai. Merica bisa menyebabkan asam lambung menjadi lebih tinggi. Mulai sekarang bisa menghindari merica sehingga tidak ada gangguan asam lambung lagi.

8. Cabai

Cabai dan semua jenis makanan yang pedas bisa menyebabkan kondisi asam lambung menjadi sangat tinggi. Ketika Anda makan cabai maka perut Anda akan menjadi lebih perih dan tidak nyaman. Gejalanya mungkin tidak akan terasa secara langsung tapi setelah beberapa jam makan. Terlebih makanan pedas dan cabai bisa membuat nafsu makan bertambah sehingga membuat Anda makan dalam jumlah yang berlebihan. Hal inilah yang bisa menyebabkan asam lambung menjadi lebih buruk dan perut Anda menjadi lebih sakit.

9. Paprika

Paprika memang tidak memiliki rasa pedas yang kuat seperti cabai. Tapi parika mengandung asam yang cukup tinggi sehingga menyebabkan lambung dan usus menjadi sangat sensitif. Asam inilah yang dikhawatirkan bisa menyebabkan asam lambung menjadi sangat tinggi. Anda tidak harus menghilangkan paprika dalam menu sehari-hari, tapi cukup dikurangi jumlahnya. Selain itu memasak paprika lebih disarankan daripada makan paprika mentah dalam salad.



Demikianlah Artikel 99 MAKANAN PENYEBAB ASAM LAMBUNG NAIK

Sekianlah artikel 99 MAKANAN PENYEBAB ASAM LAMBUNG NAIK kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 99 MAKANAN PENYEBAB ASAM LAMBUNG NAIK dengan alamat link http://wwwkitasehat.blogspot.com/2017/10/99-makanan-penyebab-asam-lambung-naik.html
Previous
Next Post »